Makanan khas Aceh yang enak dan lezat merupakan salah satu masakan di Indonesia yang memiliki cita rasa yang tinggi.

Masakan Aceh selalu identik dengan kandungan rempah yang tinggi yang menyebabkan rasa makanan daerah Aceh jauh berbeda dengan makanan daerah lain, membuat Anda yang gemar kuliner ketagihan rasa dan aroma dari masakan khas masyarakat serambi Makkah.

Berikut ini adalah 11 makanan khas dari Aceh yang paling enak dan lezat:

Keumamah

Keumamah – Salah satu makanan khas Aceh (jelajahgizi.id)

Keumamah merupakan makanan Aceh yang berasal dari ikan tuna, memiliki rasa yang khas dan nikmat. Makanan ini banyak di cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Aceh, selain enak dimakan secara langsung juga mudah di bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bahan dasarnya adalah ikan tuna yang telah direbus, kemudian di iris kecil-kecil dan dikeringkan, selain dikenal dengan nama Keumamah dikenal juga dengan nama Katshiobusi. Masakan ini diolah dengan santan sebagai kuahnya, ditambahkan kentang, cabai hijau dan rempah-rempah lain.

Rujak Samalaga

Rujak Samalaga (KSMTour.com)

Rujak memang sudah biasa Anda jumpai di manapun, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. Namun,  rujak samalaga adalah rujak istimewa yang hanya anda dapatkan jika Anda di Aceh. Rujak dengan cita rasa yang khas masyarakat Aceh ini memiliki daya tarik yang tinggi terhadap wisatawan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rujak Samalaga adalah buah-buahan seperti umumnya yaitu mangga, pepaya, kedondong, bengkuang, nanas dan jambu air. Hal yang membedakan dengan rujak lain adalah bumbunya, bumbu yang di gunakan adalah garam, asam jawa, cabe rawit, gula merah yang sudah di encerkan.

Yang khas lagi adalah tambahan kacang tanah dan pisang, pisang yang biasa di gunakan  adalah pisang monyet atau pisang batu dan tambahan lainnya adalah salak rumbia buah salah khas Aceh semua bumbu di haluskan hingga berwarna coklat dan tekturnya kental.

Rujak Samalaga ini di sajikan dengan dua cara, cara yang pertama yaitu di letakkan diatas piring seperti rujak pada umumnya sedangkan cara yang kedua adalah dengan daun pisang, kemasan daun pisang ini yang menjadi daya tarik wisatawan bahkan mencapai mancanegara.

Kopi Sanger

Sanger – Kopi khas Aceh (steemit.com)

Sanger adalah minuman kopi bagi masyarakat Aceh bentuk tampilannya seperti kopi capucino pada umumnya, namun rasanya jauh lebih nikmat. Anda yang berkunjung ke Aceh wajib mencoba kopi khas Aceh ini, meskipun dengan tampilan yang biasa tapi rasanya tidak akan pernah Anda lupakan.

Kopi sanger di sajikan dengan cara di saring terlebih dahulu, oleh karena itu masyarakat juga menyebutnya kopi saring atau kopi tarik. Anda ingin mencoba minuman ini, caranya mudah datang saja ke warung solong yang berada di kawasan Ulee Kareng dan Chek Yuke di kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap (negerikuindonesia.com)

Masakan asli Aceh selanjutnya adalah ayam tangkap yang di buat dari ayam kampung yang sudah di potong kecil-kecil diolah dengan rempah pilihan masyarakat Aceh sehingga menghasilkan rasa yang pedas bercampur gurih dan nikmat. Aroma dari masakan ini saja sudah membuat siapapun ingin menikmatinya.

Kenapa dinamakan ayam tangkap, karena ayam yang di gunakan dalam masakan ini adalah ayam kampung yang di lepas liar jika hendak memasak makanan ini harus menangkap ayamnya terlebih dahulu. Karena hal itulah nama masakan ini menjadi ayam tangkap. makanan ini baru saja ppuler antara 6-8 tahun yang lalu.

Mie Aceh

Mie Aceh yang sangat terkenal (craftlog.com)

Mie Aceh berbeda dengan mie pada umumnya, ukurannya lebih besar dari mie pada umumnya, rasa dari mie aceh cenderung pedas dan agak gurih membuat rasa mie Aceh tambah lezat. Di sajikan dengan kuah yang telah di campur bumbu halus terlebih dahulu akan menambah kenikmatan dari mie Aceh.

Bumbu yang di gunakan adalah bawang puti dan bawang merah, cabai rawit dan juga merah besar, daun seledri, daun bawang, bunga kol, tomat. Tambahkan udang, daging sapi  dan kaldu daging sapi sebagai kuahnya. Ketika Anda menikmati mie Aceh tambahkan lada bubuk dalam mangkok mie Anda, makan mie Aceh Anda akan semakin nikmat.

Sie Masak Puteh

View this post on Instagram

#masakanaceh #dagingmasakputih #siemasakputeh

A post shared by raifacake (@raifacake) on

Namanya sie masak putih karena tampilan makanan ini berwarna putih, meskipun warnanya putih rasa dari makanan ini sangat lezat. Makanan khas yang memiliki rasa dominan gurih ini sekilas mirip dengan opor ayam, namun rasanya jauh berbeda dengan opor yang biasa Anda nikmati.

Masakan Aceh yang satu ini merupakan kombinasi antara beberapa jenis daging yaitu daging ayam, daging sapi, daging bebek dan ikan. Perpaduan bahan dasar dari masakan ini membuat cita rasa yang berbeda. Selain itu bumbu dari masakan ini juga berbeda, di masak dengan bumbu jintan dan daun kari atau daun salam koja.

Bikang Aceh

View this post on Instagram

Order hari ini, favorit customer bikang ubi ❤️

A post shared by BikangAceh (@bikangaceh) on

Kue Bikang atau disebut juga kue Adee merupakan kue tradisional masyarakat aceh yang dapat Anda jumpai di pasaran.

Kue dengan rasa yang dominan manis, legit dan bertekstur lembut ini biasanya di gunakan untuk sajian acara resmi atau ketika ada tamu, acara keluarga dan acara-acara lain.

Pacri Nanas

Pacri Nanas (craftlog.com)

Makanan berbahan buah nanas yang satu ini hanya dapat anda temui di Aceh, bagi para wisatawan Aceh wajib mencicipi masakan yang satu ini. Nanas yang diolah dengan bumbu khusus yaitu merica, bunga lawang, cabai merah, bawang putih dan bawang merah ditambahkan kapulaga dan cengkih.

Pembuatannya diawali dengan mencairkan gula putih terlebih hingga membentuk karamel kemudian tambahkan air panas serta bumbu yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Masak keduanya hingga mendidih setelah dirasa matang jangan lupa tambahkan sedikit garam aduk hingga rata dan siap untuk disajikan.

Roti Canai

Roti dengan bahan dasar tepung terigu ini banyak di cari oleh wisatawan. Roti canai berbentuk bulat dengan macam rasa yang berbeda-beda sesuai permintaan konsumen, roti ini dimasak dengan tambahan mentega akan menambah rasa gurih pada roti apalagi jika dinikmati bersama kuah kari kambing.

Sambal Ganja

Sambal Ganja (hanzdee.blogspot.com)

Aceh memang daerah yang terkenal memiliki ganja melimpah ruah, namun makanan ini bukan makanan yang benar-benar dari ganja hanya namanya saja yang tampak seperti barang haram. Di namakan sambal ganja karena sambal ini membuat siapa saja yang mencobanya pasti ketagihan.

Bahan dasar dari sambal ganja ini sesungguhnya adalah daging udang yang sudah diolah bersama rempah-rempah lain sehingga menjadi sambal yang fantastis, yang membuat orang ketagihan.  Rasa yang dihasilkan yaitu rasa gurih dan nikmat dari daging udangnya dan juga rasa rempah-rempah yang khas dari masyarakat Aceh

Dendeng Aceh

Makanan khas Aceh yang enak dan lezat terakhir adalah dendeng Aceh, yang membedakan dengan dendeng pada umumnya adalah bumbu rempah-rempah khas masyarakat Aceh.

Makanan dari daging sapi yang di iris tipis dan di keringkan ini dapat bertahan berhari-hari sehingga mudah di bawa bepergian jauh sebagai oleh-oleh.

[Total: 1    Average: 5/5]
Bagikan ke teman: