10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Harus Kamu Coba

Makanan khas Sumatera Barat merupakan jenis masakan yang populer di Indonesia dan banyak dicari oleh konsumen penikmat kuliner.

Buktinya setiap wilayah di Indonesia terdapat Rumah Makan Padang, rumah makan yang menyajikan berbagai menu khas dari Sumatera Barat yang nikmat. Anda wajib mencicipi masakan khas Sumatera Barat ini jika Anda berwisata di Sumatera Barat.

Berikut ini adalah makanan khas Sumatera Barat yang wajib Anda tahu untuk kemudian Anda coba dan rasakan kenikmatannya.

Sate Padang

Sate Padang asli dari Sumatera Barat
Sate Padang asli dari Sumatera Barat / thejakartapost.com

Makanan khas pertama yang bisa Anda temui dengan mudah adalah sate padang. Sate khas daerah Sumatera ini di buat dari daging sapi asli biasnya untuk membedakan dengan sate daging biasa, sate padang  memiliki rasa yang khas pada bumbu dan kuahnya, kuah khas disertai lidah sapi.

Selain lidah dan daging sapi ada tambahan lain yang membuat sate padang beda dengan sate lainnya. Kuah sate padang yang diolah bercampur dengan jeroan lainnya seperti jantung, usus, serta paru sapi. Campuran lainnya memberikan kesan rasa khas dari pada sate lainnya. Bumbu-bumbu yang digunakan juga bumbu dengan kualitas terbaik.

Bumbu yang biasa digunakan yaitu cabai merah, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, serai dan rempah lain yang kemudian semua bumbu dimasak bersamaan dengan kaldu sapi setelah dirasa matang ditambahkan tepung beras untuk membuat efek kental pada bumbu dan kuahnya. Sehingga memberikan kesan yang beda dari sate lainnya.

Penjual sate padang dapat Anda temui di sepanjang jalan raya jika Anda berwisata ke Sumatera Barat, tak hanya di daerah asal sate padang juga bisa anda temui di seluruh kota besar indonesia. Penjual sate padang biasanya menjajakan sate bersama dengan lontong atau ketupat yang disiram dengan bumbu kuah sate padang yang kental.

Sajian sate padang yang memikat para konsumen dan wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, Anda akan merasakan rasa yang nikmat. Rasa pedas dan gurih khas masakan padang akan langsung terasa di lidah Anda saat mengkonsumsi sate dengan daging sapi yang empuk, diikuti rasa dan aroma yang khas dari masakan padang.

Soto Padang

Soto Padang
Soto Padang / goodindonesianfood.com

Soto adalah makanan khas Indonesia yang ada di setiap daerah bahkan dari timur sampai barat. Namun soto padang berbeda dari soto yang biasa Anda jumpai di pinggiran jalan. Yang berbeda bukan hanya rasa tapi juga bahannya. Bahan dari soto padang tergolong mudah didapat yakni daging sapi sebagai bahan utama, bihun, perkedel kentang.

Kuah soto padang juga khas menggunakan kaldu asli daging sapi. Sekilas soto padang tampak sama saja dengan soto yang lainnya, namun jika Anda amati dengan cermat ketika Anda makan soto padang daging sapi yang digunakan pada soto padang adalah daging sapi yang sudah digoreng kering atau disebut dendeng yang dipotong kecil-kecil.

Baca Juga:  Tempat Makan Romantis di Jogja Yang Wajib Diketahui

Menikmati soto padang akan lebih nikmat lagi jika disajikan saat masih panas akan terasa lebih gurih dan segar. Anda dapat menikmati soto padang dengan mudah, karena hampir semua tempat makan padang menyediakan menu ini, biasanya dinikmati dengan nasi dan tambahan kerupuk sebagai pelengkap yang nikmat.

Dendeng Balado

Dendeng Balado
Dendeng Balado / sitinurbayafood.co.id

Dendeng merupakan makanan asli Minangkabau, Sumatera Barat yang di olah dari daging sapi yang telah dikeringkan. Daging sapi dibuat kering dengan tujuan pengawetan, agar bisa bertahan lama. Setelah dikeringkan ditambahkan bumbu balado ditambahkan cabai serta rempah-rempah lain dan menghasilkan rasa yang khas dan nikmat.

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat, dendeng balado dapat menjadi pilihan Anda sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, karena selain awet rasanya juga khas dan nikmat. Dendeng balado dapat dinikmati dengan nasi atau digunakan sebagai camilan jika Anda gemar rasa balado pedas.

Rendang Daging Sapi

Rendang Sapi Padang
Rendang Sapi / hadiah.me

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang digemari oleh orang yang suka daging, rendang diolah secara khusus dengan rempah yang melimpah agar tercipta rasa yang khas dalam setiap porsinya. Rendang dikenal dengan masakan yang menggunakan banyak rempah untuk menghasilkan satu porsi rendang yang nikmat.

Bumbunya yaitu cabai, bawang putih, kunyit, lengkuas, bawang merah, serai dan rempah lain yang dihaluskan dan ditumis hingga matang setelah itu tambahkan santan dan masak hingga mengental dan meresap bumbunya, tanda rendang sudah matang adalah kuahnya habis meresap ke dalam daging, menghasilkan rasa nikmat.

Lamang Tapai

Lamang Tapai
Lamang Tapai yang rasanya perpaduan antara asam dan manis / wonderfulminangkabau.com

Anda menyukai jajanan pasar, jajanan pasar dari Sumatera Barat ini sedikit berbeda dengan jajanan pasar di daerah Jawa atau Indonesia bagian lainnya. Jajanan pasar khas Minangkabau ini dibuat dari ketan hitam yang dinamai lamang tapai oleh masyarakat Minangkabau, jajanan ini menjadi salah satu jajanan khas yang wajib Anda coba jika Anda di sana.

Lamang tapai terbuat dari kombinasi ketan putih yang dibakar yang kemudian akan disajikan dengan tapai, tapai ini terbuat dari ketan hitam. Rasa lamang tapai ini perpaduan antara rasa manis dan asam, membuatnya sangat enak sekali saat disantap.

Biasanya lamang tapai dijadikan salah satu menu untuk berbuka puasa pada bulan Ramadhan.

Gajeboh

Gajeboh
Gajeboh / archipelagos.id

Gajeboh adalah makanan sejenis gulai yang bahan utamanya daging sapi bagian punuk, diberi nama gajeboh karena daging sapi bagian punuk mengandung banyak lemak dan menyebabkan gajeboh memiliki rasa yang gurih dan empuk teksturnya. Disajikan dengan kuah yang tampak seperti kuah gulai, menggunakan asam matang dan tanpa santan.

Baca Juga:  Makanan Enak di Bogor Yang Populer dan Recomended

Rasa gajeboh yang khas adalah perpaduan rasa gurih dan pedas dari kuahnya menjadikan gajeboh makanan yang paling dicari oleh para wisatawan. Namun, gajeboh tidak disarankan dikonsumsi untuk orang tua karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Harga gajeboh tidak terlalu mahal, hanya Rp. 23.500,- sudah ditambah nasi dan kerupuk.

Galamai

Galamai
Galamai / yasmenchaniago.com

Galamai sangat populer dikalangan wisatawan, oleh karena itu beberapa kota dari Sumatera Barat melestarikan masakan galamai ini dengan tetap menjaga rasa dan kualitasnya dengan cara memasaknya secara pribadi. Jajanan dari tepung beras ketan yang dicampur dengan santan, gula aren dan kacang tanah ini hampir menyerupai dodol bentuknya.

Beda galamai dengan dodol hanya terletak pada taburan kacang tanah dan rasa galamai yang lebih gurih dari dodol karena tambahan kacang tanahnya. Waktu membuat galamai juga cukup lama, pembuatan membutuhkan waktu lebih dari 5 jam. oleh karena itu harga jual galamai juga sedikit lebih mahal.

Kalio Dagiang

Jika Anda berlibur ke Sumatera Barat, tak akan lengkap jika Anda belum mencoba makanan yang satu ini yakni kalio dagiang, makanan yang terbuat dari daging sapi yang dibumbui rempah-rempah lengkap dan direbus dalam waktu yang lama sehingga bumbunya meresap ke dalam daging dengan sempurna dan menghasilkan rasa yang sempurna pula.

Nasi Sala, Pariaman

Nasi Sala
Nasi Sala, Pariaman / paticbaradja.blogspot.co.id

Nasi Sala adalah nasi yang disajikan dengan lauk ikan laut, karena daerah  Sumatera yang memiliki laut luas sehingga mudah mendapat ikan untuk dijadikan makanan khas daerah. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan gembul, ikan kembung dan jenis ikan laut lain. Dimasak dengan rempah lengkap yang terbaik.

Hal unik dari nasi sala adalah sajiannya, nasi sala di bungkus menggunakan daun pisang dengan ukuran satu kepalan tangan orang dewasa. Disajikan bersama ikan yang telah di goreng matang dan ditambah sambal balado yang dibuat dengan cabai merah asli akan  memberikan sensasi tersendiri saat Anda mencobanya.

Keripik Sanjai

Keripik Sanjai
Keripik Sanjai / ksmtour.com

Yang terakhir dari 10 makanan khas sumatera barat yang harus kamu coba adalah keripik sanjai, jenis makanan ringan asli Bukittinggi. Keripik sanjai terbuat dari bahan utama singkong, keripik ini awalnya diproduksi di jalan Sanjai, Bukittinggi.

Keripik sanjai adalah keripik singkong dengan tiga jenis rasa yaitu tawar, asin dan pedas. Rasa tawar diolah tanpa bumbu, rasa asin biasanya di tambah garam, kunyit dan bawang yang di haluskan untuk rasa pedas ditambahkan bumbu balado dengan warna merah. Balado dalam keripik berbeda bentuk karena bentuknya saus bukan bubuk.

[Total: 1    Average: 5/5]

Artikel Lainnya

Bagikan ke teman:

Leave a Comment