10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sebenarnya banyak memiliki tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi, mulai dari wisata pantai, danau, lembah hingga peninggalan-peninggalan sejarah.

Berikut ini adalah tempat wisata di Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi jika berlibur ke provinsi orang minang ini.

1. Lembah Anai

Lembah Anai
Lembah Anai / 1hal.com

Lokasi wisata ini terletak di Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto. Lokasi persisnya berada di jalan raya antara Padang – Bukittinggi. Di Lembah Anai kamu bisa melihat air terjun yang mengalir deras dari atas lembah yang berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam.

Di sekitar area banyak terdapat warung makanan dan minuman yang dapat kamu kunjungi sambil beristirahat dan melihat keindahan air terjun yang terus mengalir.

2. Lubang Jepang

Lubang Jepang
Lubang Jepang / gosumatra.com

Lokasi ini adalah peninggalan kolonial Jepang pada masa penjajahan di Bukittinggi. Menurut data sejarah, lubang yang lebih mirip gua ini dibangun oleh Jepang pada masa Perang Dunia II di bawah kepemimpinan Jendral Watanabe untuk tempat pertahanan serdadu Jepang.

Untuk menuju ke dalam gua ini, kamu harus menuruni 132 buah anak tangga yang cukup curam. Jalur tangga dibagi dua buah dan dipisahkan oleh sebuah pegangan besi untuk membantu pengunjung naik & kurun di dalam gua.

3. Lembah Harau

Lembah Harau
Lembah Harau / nata-tours.com

Lembah Harau berlokasi dekat dengan Payakumbuh, kabupaten Limapuluh Koto. Lokasi wisata lembah ini diapit oleh dua buah bukit terjal yang tingginya 200 meter lho.

Saat kita masuk ke Lembah Harau, kita akan langsung terpukau dengan keindahan lembah yang kita lihat sejauh mata memandang. Bayangkan, kamu disuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang luas diapit oleh tebing tinggi yang menjulang hingga ketinggian 200 meter. Mengagumkan!

Baca Juga:  Melakukan Backpacker ke Telaga Warna Dieng dan Bukit Sikunir

Di kawasan wisata ini juga terdapat fasilitas penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya.

4. Danau Singkarak

Danau Singkarak
Danau Singkarak / general.web.id

Danau Singkarak adalah salah satu obyek wisata danau di Sumatera Barat. Lokasinya masuk dalam 2 kabupaten, sebagian masuk kabupaten Solok dan sebagian lagi masuk ke Tanah Datar.

Area danau ini sangat luas sekali, luasnya sekitar 1.000 hekar. Tak heran danau ini merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Di kawasan danau kamu bisa melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti berenang di danau, memancing ikan serta naik perahu yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar danau.

Jika kamu penggemar makanan seafood, kamu wajib mencoba ikan Bilih. Ikan Bilih adalah jenis ikan yang hanya bisa kamu temukan di danau Singkarak, karena ikan ini diperkirakan hanya hidup di danau Singkarak.

Tiap tahun juga ada event balap sepeda internasional yang diadakan di danau Singkarak dengan nama Tour de Singkarak. Jika beruntung, kamu bisa melihat pembalap sepeda internasional saat berkunjung ke danau ini.

5. Jam Gadang

Jam Gadang
Jam Gadang / menerjemahkan.com

Tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat jam berukuran raksasa yang bernama Big Ben, karena di Sumatera Barat kita punya yang namanya Jam Gadang.

Jam Gadang adalah sebuah monumen berupa menara jam berukuran besar yang lokasinya ada di Bukittinggi.

Menara Jam Gadang memiliki tinggi 26 meter dan luas 13×4 meter dan memiliki 1 buah jam ditiap-tiap sisi menaranya, jadi total ada 4 buah jam di menara ini. Konon, jam-jam ini langsung didatangkan langsung dari Belanda.

Menurut data sejarah, Jam Gadang selesai dibangun tahun 1926, waktu itu masih jaman pemerintahan Hindia – Belanda.

Baca Juga:  Tempat Wisata Di Semarang Yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

6. Kelok 9

Jembatan Kelok 9
Jembatan Kelok 9 / wiranurmansyah.com

Sebenarnya ini bukan ditujukan untuk obyek wisata, namun sejak pemerintah meresmikan jembatan fly over Kelok 9 tahun 2013, banyak orang yang menyempatkan untuk singgah di lokasi ini untuk sejenak mengagumi keindahan pemandangan & struktur jembatan di Kelok 9.

Tidak sedikit wisatawan yang berhenti dan turun dari kendaraannya saat melintasi kawasan ini, sekedar untuk mengabadikan menggunakan kamera.

Kelok 9 berada 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, menuju ke Provinsi Riau.

7. Danau Maninjau

Danau Maninjau / idristalu.blogspot.com

Danau ini lokasinya berada di Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia, dengan luas mencapai 99.5 km² dan memiliki kedalaman 495 meter.

Untuk sampai ke Danau Maninjau, kita harus melewati jalanan turun yang cukup curam dan memiliki 44 kelokan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kelok 44 (Kelok Ampe’ Ampe’).

8. Danau Atas & Danau Bawah

Danau Atas & Danau Bawah / travel.kompas.com

Danau Atas & Danau Bawah berlokasi di Alahan Panjang, Kabupaten Solok.  Seperti namanya, danau ini ada dua buah yaitu Danau Atas yang berlokasi di jalan Padang – Muara Labuh serta Danau Atas yang berlokasi di Nagari Bukit Sileh.

Danau ini sering pula disebut sebagai Danau Kembar, karena ada dua buah danau.

9. Istana Pagaruyung

Istana Ppagaruyung / klikhotel.com

Istana ini berlokasi di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, nama Pagaruyung berasal dari nama salah satu kerajaan di Sumatera Barat.

Istana Pagaruyung sempat mengalami musibah kebakaran pada tahun 2007 yang mengakibatkan hanya 15% barang-barang berharga di istana ini yang terselamatkan.

10. Wisata Pantai di Kepulauan Mentawai

Bersambung …

Leave a Comment