Wisata Malam Yogyakarta Berikut ini Sangat Wajib Anda Kunjungi

Yogyakarta memang menjadi sebuah kota yang tak pernah bosan untuk dikunjungi. Kota ini selalu berhasil menyuguhkan keindahan dan daya tarik yang membuat orang selalu ingin datang dan datang lagi. Baik dari wisata sejarah hingga wisata alamnya. Bahkan seakan-akan kota ini tak pernah habis untuk selalu dieksplor di tiap sudutnya.

Ternyata Yogyakarta tak hanya indah di siang hari. Jika di siang hari kamu telah lelah mengunjungi berbagai tempat sejarah di kota ini, sekarang waktunya kamu untuk mengeksplor kota ini di malam hari. Beberapa sudut kota memiliki daya tarik dan atraksi yang dimulai ketika malam tiba.

Nah, kali ini akan diulas mengenai wisata malam Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota gudeg ini. Jadi buat kamu yang ingin merencanakan liburan ke Yogyakarta, simak ulasan berikut ini ya.

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta kala di malam hari
Tugu Yogyakarta kala di malam hari

Ikon kota Yogyakarta yang terkenal ini letaknya berada di persimpangan Jl. Margo Utomo, Jl. Sudirman, Jl. Diponegoro, dan Jl. AM Sangaji. Uniknya lagi ternyata tugu Jogja ini letaknya berada di garis antara Keraton Jogja dan Gunung Merapi.

Kalau di siang hari, kamu pasti kurang puas menikmati keindahan Tugu karena banyak kendaraan yang berlalu lalang. Jadi sebaiknya kamu datang ke sini saat malam hari dimana kendaraan mulai sepi. Dengan demikian kamu bisa mengabadikan momen di tengah-tengah tugu fenomenal ini.

Malioboro

Malioboro
Malioboro

Siapa sih yang tak kenal dengan Jl. Malioboro? Di siang hari kamu bisa lihat jalanan panjang ini menjadi pasar yang sangat ramai. Namun ketika malam datang, wajah Malioboro berubah seketika menjadi sebuah wajah kota Yogyakarta yang cantik.

Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan malam bercampur dengan bangunan tua yang disorot dengan lampu-lampu lalu lintas. Biasanya di malam hari pula banyak pengamen jalanan yang memainkan orkestra spektakuler. Kamu bisa jalan-jalan santai atau duduk sambil menikmati alunan lagu.

Kilometer Nol

Kilometer Nol
Kilometer Nol

Kalau kamu sering ke Yogyakarta pasti kamu tahu dimana letak Kilometer Nol ini. Letaknya tak jauh dari Jl. Malioboro. Di sepanjang jalannya terdapat banyak berdiri perkantoran dengan bentuk bangunan tua.

Bangunan tersebut memiliki desain khas Belanda yang sangat eksotis. Saat malam tiba banyak kaum muda dan komunitas yang berkumpul untuk sekedar nongkrong di kawasan ini. Komunitas itu terdiri dari banyak macamnya. Mulai dari komunitas motor hingga komunitas seni.

Baca Juga:  10 Pantai di Bali Yang Menjadi Tujuan Wisatawan

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul atau alun-alun utara ini selalu ramai saat malam hari tiba. Alun-alun ini terletak tepat di belakang komplek Keraton Yogyakarta. Di sini kamu bisa mengetes konsentrasimu dengan berjalan ke antara pohon kembar sambil menutup mata. Bukan hanya karena pohon kembar yang fenomenal itu tetapi juga keramaian penjual makanan dan jajanan di sekitar alun-alun juga membuat tempat ini semakin seru dikunjungi.

Menghabiskan malam hari di alun-alun kidul dapat menjadi pilihan tepat apalagi sambil menikmati segelas kopi jos dan jagung bakar. Ada pula sepeda hias dengan lampu warna-warni yang disewakan untuk bisa mengelilingi alun-alun ini.

Taman Pelangi

Taman Pelangi
Taman Pelangi

Taman Pelangi ini letaknya tak jauh dari kawasan Monjali di Jl. Ring Road Utara. Letaknya yang berada di pinggir jalan utama ini menjadikan Taman Pelangi sebagai tempat wisata malam yang paling banyak diminati masyarakat.

Taman ini berisi lampu-lampu lampion cantik yang pastinya membuat malam kamu jadi lebih menawan. Disini kamu bisa berfoto-foto dengan berbagai macam patung lampion yang menarik. Ada pula wahana permainan yang bisa kamu nikmati bersama teman, pacar dan keluarga kamu.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark

Taman yang dikenal dengan singkatan SKE ini tergolong masih baru di Kota Jogja. Salah satu ikon dari taman ini adalah ferris wheel raksasa setinggi 48 meter yang dihias dengan lampu warna-warni cantik.

Di puncak ferris wheel ini kamu bisa menikmati pemandangan Yogyakarta di malam hari dari ketinggian. Namun sayangnya taman ini hanya dibuka hingga pukul 9 malam saja. Jadi jangan terlalu malam ya untuk bisa datang ke tempat ini.

Bukit Bintang

Bukit Bintang
Bukit Bintang

Wisata malam Yogyakarta kurang lengkap bila tidak mengunjungi Bukit Bintang. Bagi warga Yogya, Bukit Bintang ini menjadi spot favorit untuk menghabiskan malam. Tempat ini berada di sepanjang jalan raya Yogya – Wonosari. Di sepanjang jalan tersebut terdapat warung-warung makan berjajar di tepi jurang.

Di warung tersebut kamu bisa menikmati segelas kopi atau susu hangat ditambah dengan roti bakar atau jagung bakar. Dari tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta seutuhnya di malam hari.

Baca Juga:  Wisata Bahari Lamongan, Tujuan Berlibur Praktis

Kota Yogyakarta semakin cantik dengan adanya lampu-lampu yang menghias. Di sini juga kamu bisa lihat ada pesawat yang lalu lalang menuju bandara lho. Dinamakan bukit bintang karena kerlap kerlip lampu kota seakan tampak seperti bintang.

Oyot Godhog

Oyot Godhog
Oyot Godhog / PaperBacker

Di Oyot Godhog ini kamu bisa menikmati pertunjukan kabaret show yang ditampilkan oleh para waria atau ladyboy. Pertunjukan ini mengingatkan kita dengan pertunjukan waria yang ada di Bali dan Thailand. Lokasi tepatnya berada di Mirota Batik di Jl. Malioboro.

Di sini kamu bisa menikmati pertunjukan kabaret yang diadakan setiap hari Sabtu malam. Penampilan para waria tersebut dijamin membuat perut kamu terkocok dan tertawa terbahak-bahak.

Para waria tersebut akan menari-nari, fashion show hingga lypsinc. Usahakan datang lebih awalnya, karena jika terlalu malam tempat ini pasti penuh dan sesak.

Angkringan

Angkringan
Angkringan

Kota Yogyakarta selalu kental dengan suasana angkringan. Angkringan sebenarnya merupakan tempat nongkrong di pinggir jalan. Ada banyak angkringan yang terdapat di sepanjang jalanan Kota Yogya.

Kamu bisa menghabiskan malam kamu dengan ngobrol santai bersama teman-teman di angkringan ini. Untuk menu makannya jangan khawatir sebab angkringan selalu memiliki menu yang murah meriah. Menu spesial khas angkringan ini biasanya berupa segelas kopi jos atau kopi yang dicampur dengan arang.

Beach Camp

Beach Camp, Yogyakarta
Beach Camp, Yogyakarta

Nah, buat kamu pecinta alam pilihan terakhir ini bisa menjadi solusi tepat untuk menghabiskan malam. Di Yogyakarta ada banyak barisan pantai yang berjajar di sebelah utara. Kamu bisa bermalam dengan cara camping atau kemah.

Para kaum muda biasanya mendatangi pantai ini di malam hari kemudian mendirikan tenda dan memasang api unggun. Suasana malam di pantai hari pun akan semakin lengkap dengan santapan ikan bakar. Kegiatan ini pasti sangat seru jika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tempat wisata malam Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Suasana Yogya yang ramah itu selalu menjadikan Kota Yogya tidak bosan untuk didatangi.

Bahkan daya tarik kota Yogya sendiri sudah diabadikan dalam sebuah lagu oleh beberapa musisi ternama. Jadi sekarang giliran kamu untuk mengeksplor keindahan dari kota ini di malam hari.

[Total: 0    Average: 0/5]

Artikel Lainnya

Bagikan ke teman:

Leave a Comment