Persiapan Sebelum Backpacker Ke Dieng

Setelah menjalankan rutinitas yang begitu padat dan melelahkan, melakukan wisata merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk melepas penat. Jika di kota telah banyak berdiri mall-mall nan megah, maka saatnya beralih ke wisata alam untuk merelaksasikan baik pikiran juga badan.

Wisata alam dimanapun selalu menjadi objek wisata yang sangat pas sekali bagi Anda yang ingin refreshing. Backpacker ke Dieng merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan. Dieng hanyalah salah satu tempat di Jawa Tengah yang memiliki pesono alam yang mengagumkan. Merupakan kota dengan dataran tingginya menjadikan Dieng menjadi salah satu objek wisata yang diminati banyak wisatawan.

Melakukan tour apalagi dengan backpacker harusnya Anda perhatikan dengan cermat apa saja yang harus dipersiapkan agar selama perjalanan tidak bingung. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan backpacker ke Dieng yakni:

Menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi

Sebelum ke Dieng Anda harusnya browsing terlebih dahulu tempat wisata mana yang ingin Anda kunjungi agar Anda bisa jelas arah dan tujuannya, bila perlu membeli peta agar tidak tersesat. Beberapa objek wisata di Dieng yang paling menarik diantaranya:

Kawah Dieng

Kawah Dieng
Kawah Dieng

Kawah yang ada di Dieng bermacam-macam, ada Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sikidang.

Jika ingin mengunjungi kawah ini maka anda harus memilih salah satu diantaranya agar Anda bisa memiliki banyak waktu untuk mengunjungi destinasi wisata lainnya selain kawah.

Candi Dieng

Candi Dieng
Candi Dieng

Di Dieng juga terdapat Candi Arjuna yang menjadi simbol kepariwisataan di Dieng. Banyak sekali Candi di Dieng dengan nama yang berbeda-beda dan dalam satu tempat sehingga disebut komplek Candi Arjuna.

Telaga Warna

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng

Telaga Warna juga merupakan destinasi di Dieng yang sangat disukai oleh wisatawan. Keanggunan warna telaganya serta tempat yang menyejukkan dengan berbagai pepohonan hijau yang mengelilinginya. Jika ingin melihatnya dengan jelas bisa dengan menaiki bukit yang ada di telaga tersebut.

  • Telaga Merdada: merupakan Telaga terbesar di Dieng
  • Telaga Pengilon: telaga ini berada di sebelah Telaga Warna
  • Gua Semar: letaknya di antara Telaga Pengilon dan Telaga warna
  • Bukit Sikunir
Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Batam Yang Paling Populer

Bukit Sikunir merupakan tempat dimana Anda bisa melihat sunrise yang cantik. Disini para wisatawan akan terpesona dengan suguhan maha karya Tuhan di pagi hari, Sang Surya dilihat dari puncak Bukit Sikunir. Bagi Anda wisatawan jangan lewatkan yang satu ini.

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda

Menuju sumur ini perlu perjuangan menaiki anak tangga. Ada mitos bahwa yang bisa melempar batu dari seberang ke seberang sumur lainnya maka harapannya bisa terkabul.

Mencari rute yang benar beserta transportasi yang jelas

Agar tidak tersesat maka harus diperhatikan dengan cermat rute menuju wisata yang ingin Anda kunjungi.

Mempersiapkan biaya yang memadai

Setelah dirancang maka dipersiapkan biaya yang cukup agar perjalanan lancar.

Cari penginapan yang tepat

Carilah penginapan yang sebelumnya sudah cari sebelum berangkat. Cari yang dekat dengan wisata tujuan Anda.

Siapkan barang bawaan

Sebelum berangkat siapkan bawaan berupa kebutuhan pribadi dan makanan selama di perjalanan.

Melakukan backpacker ke Dieng pastinya akan membutuhkan banyak persiapan. Akan lebih baik jika Anda melakukan perjalanan dengan teman baik anda agar selama perjalanan ada teman untuk berbagi sehingga jika ada kesulitan bisa diatasi bersama.

Melakukan backpacker sendirian akan mengkhawatirkan karena jika terjadi sesuatu akan sulit mencari bantuan. Lebih baik ajaklah teman terdekat anda untuk berpetualang bersama Anda.

[Total: 0    Average: 0/5]

Artikel Lainnya

Bagikan ke teman:

Leave a Comment